Sabtu, 08 November 2014

sistem ekonomi



BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Pembahasan tentang ekonomi dan permasalahannya, seperti tidak akan lekang dimakan zaman. Entah itu, dalam tingkat yang paling sederhana ekonomi rumahtangga, ataupun dalam tataran yang lebih luas, dalam konteks ekonomi negara misalnya. Sifat dasar manusia yang ingin selalu memenuhi kebutuhannya, semakin menambah ruang lingkup pembahasan itu semakin luas. Pembahasan masalah ekonomi berkembang menjadi pembahasan permasalahan manusia itu sendiri. Dengan kebutuhan yang tidak pernah habis manusia dibuat menjadi sibuk. Kenyataan inilah yang membuat manusia diliputi masalah-masalah ekonomi.
Perekonomian dunia yang sangat mempengaruhi kehidupan manusia, memiliki cerita sejarah yang panjang. Deretan-deretan tulisan yang menerangkannya pun tak akan habis dibaca, selalu ada bagian-bagian tertentu yang masih tersisa untuk dibuka dan dipahami.
Sistem perkonomian adalah sistem yang digunakan oleh suatu negara dalam memecahkan berbagai permasalahan ekonomi yang dialami oleh negara tersebut, misalnya pengalokasian sumber daya yang dimilikinya, pelaksanaan produksi, distribusi dan konsumsi  baik kepada individu maupun organisasi di negara tersebut. Perbedaan yang mendasar antara sebuah sistem ekonomi dengan sistem ekonomi lainnya adalah bagaimana cara sistem itu mengatur faktor produksinya. Dalam beberapa sistem, seorang individu boleh memiliki semua faktor produksi. Sementara dalam sistem lainnya, semua faktor tersebut di pegang oleh pemerintah. Kebanyakan sistem ekonomi di dunia berada di antara dua sistem ekstrim tersebut.
Perkembangan yang cepat dan kesadaran masyarakat yang berubah telah mempengaruhi perkembangan ekonomi, tidak hanya sebatas lokal tetapi menjadi internasional. Sebagai Negara terluas di dunia Rusia mempunyai peranan penting dalam perekonomian dunia. Saat ini Rusia berusaha keras untuk meraih status sebagai negara adidaya lagi. Meskipun Rusia adalah negara penting, tetapi statusnya masih jauh dibandingkan dengan status Uni Sovyet dulu. Rusia memilih melepaskan diri dari Uni Sovyet menjadi Federasi Rusia pada tahun 1992. Rusia yang baru merdeka ternyata menjadi Negara terutang terbesar di Eropa menurut versi World Bank. Diperkirakan total hutangnya mencapai 150 milliar USD termasuk 100 miliar USD hutang semasa Uni Sovyet.
Berdasarkan latar belakang diatas maka penulis tertarik untuk mengambil judul “SISTEM PEREKONOMIAN NEGARA RUSIA DAN PERKEMBANGANNYA”

1.2  Identifikasi Masalah
1.      Bagaimana sistem perekonomian di Negara Rusia?
2.      Bagaimana perkembangan perekonomian di Negara Rusia?

1.3  Tujuan Penulisan
Terintegrasi dengan pertanyaan diatas maka tujuan dari penulisan makalah ini adalah
1.      Untuk mengetahui sistem perekonomian di Negara Rusia.
2.      Untuk mengetahui perkembangan perekonomian di Negara Rusia.















BAB II
LANDASAN TEORI

2.1 Sistem Ekonomi
Sistem Ekonomi adalah sistem yang digunakan oleh suatu negara untuk mengalokasikan sumber daya yang dimilikinya baik kepada individu maupun organisasi di negara tersebut. Perbedaan mendasar antara sebuah sistem ekonomi dengan sistem ekonomi lainnya adalah bagaimana cara sistem itu mengatur faktor produksinya. Dalam beberapa sistem, seorang individu boleh memiliki semua faktor produksi. Sementara dalam sistem lainnya, semua faktor tersebut dipegang oleh pemerintah. Kebanyakan sistem ekonomi di dunia berada diantara dua sistem ekstrem tersebut.
Selain faktor produksi, sistem ekonomi juga dapat dibedakan dari cara sistem tersebut mengatur produksi dan alokasi. Sebuah perekonomian terencana (planned economies) memberikan hak kepada pemerintah untuk mengatur faktor-faktor produksi dan alokasi hasil produksi. Sementara pada perekonomian pasar (market economic), pasar lah yang mengatur faktor-faktor produksi dan alokasi barang dan jasa melalui penawaran dan permintaan.
Sistem ekonomi dapat berfungsi sebagai :
Ø  Sarana pendorong untuk melakukan produksi.
Ø  Cara atau metode untuk mengorganisasi kegiatan individu.
Ø  Menciptakan mekanisme tertentu agar distribusi barang dan jasa terlaksana dengan baik.
Menurut Gilarso (1992:486) sistem ekonomi adalah keseluruhan tata cara untuk mengoordinasikan perilaku masyarakat (para konsumen, produsen, pemerintah, bank, dan sebagainya) dalam menjalankan kegiatan ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, investasi, dan sebagainya) sehingga menjadi satu kesatuan yang teratur dan dinamis, dan kekacauan dapat dihindari.

Sedangkan Mc.Eachern berpendapat bahwa sistem ekonomi dapat diartikan sebagai seperangkat mekanisme dan institusi untuk menjawab pertanyaan apa, bagaimana, dan untuk siapa barang dan jasa diproduksi (what, how, dan for whom).

2.2  Macam-macam Sistem Ekonomi.
Ada berbagai macam sistem ekonomi di dunia ini yang saling berbeda satu sama lain. Timbulnya berbagai macam sistem ekonomi yang berbeda tersebut dalam suatu negara disebabkan oleh beberapa faktor. Faktor-faktor tersebut adalah sebagai berikut:
Ø  Ada tidaknya campur tangan pemerintah dalam kegiatan ekonomi.
Ø  Sistem pemerintahan yang dianut suatu negara.
Ø  Kepemilikan negara terhadap faktor-faktor produksi.
Ø  Sumber daya yang ada dalam suatu negara, baik sumber daya manusia maupun sumber daya alam yang dimiliki.
Dari ke-empat faktor tersebut, timbul lah berbagai macam sistem ekonomi, diantaranya:
a.      Sistem Ekonomi Tradisional.
Sistem ekonomi tradisional adalah suatu sistem ekonomi dimana organisasi kehidupan ekonomi dijalankan menurut kebiasaan, tradisi masyarakat secara turun-temurun dengan mengandalkan faktor produksi apa adanya.
Ciri-ciri sistem ekonomi tradisional:
Ø  Belum adanya pembagian kerja yang jelas.
Ø  Ketergantungan pada sektor pertanian/agraris.
Ø  Ikatan tradisi bersifat kekeluargaan sehingga kurang dinamis.
Ø  Teknologi produksi sederhana.
v  Kebaikan sistem ekonomi tradisonal:
Ø  Menimbulkan rasa kekeluargaan dan kegotongroyongan masing-masing individu dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.
Ø  Pertukaran secara barter dilandasi rasa kejujuran daripada mencari keuntungan.

v  Keburukan sistem ekonomi tradisional:
Ø  Pola pikir masyarakat secara umum yang masih statis.
Ø  Hasil produksi terbatas sebab hanya menggantungkan faktor produksi alam dan tenaga kerja secara apa adanya.

b.      Sistem Ekonomi Terpusat/Komando (Sosialis).
Sistem ekonomi terpusat (Sosialis) adalah sistem ekonomi di mana pemerintah memegang peranan paling penting atau dominan dalam pengaturan kegiatan ekonomi. Dominasi dilakukan melalui pembatasan-pembatasan terhadap kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh anggota masyarakat. Negara yang menganut sistem ini antara lain Rusia, RRC, dan negara-negara Eropa Timur (bekas negara Uni Soviet).
v  Ciri-ciri sistem Ekonomi Sosialis:
Ø  Kegiatan perekonomian dari produksi, distribusi, dan konsumsi serta harga ditetapkan pemerintah dengan peraturan negara.
Ø  Hak milik perorangan atau swasta tidak diakui, sehingga kebebasan individu dalam berusaha tidak ada.
Ø  Alat-alat produksi dikuasai oleh negara.
v  Kebaikan sistem Ekonomi Sosialis:
Ø  Pemerintah lebih mudah dalam mengadakan pengawasan dan pengendalian.
Ø  Pemerintah bertanggung jawab sepenuhnya terhadap seluruh kegiatan ekonomi.
Ø  Kemakmuran masyarakat merata.
Ø  Perencanaan pembangunan lebih cepat direalisasikan.
v  Keburukan sistem ekonomi Sosialis:
Ø  Adanya pemasungan daya kreasi masyarakat sehingga hampir semua inisiatif, inovasi diprakarsai oleh pemerintah.
Ø  Adanya pasar gelap yang diakibatkan adanya pembatasan yang terlalu ketat oleh pemerintah.
Ø  Anggota masyarakat tidak dijamin untuk memilih dan menentukan jenis pekerjaan serta memilih barang konsumsi yang dikehendaki.
Ø  Pemerintah bersifat paternalistis, artinya apa yang telah diatur/ditetapkan oleh pemerintah adalah benar dan harus dipatuhi.
Sistem ekonomi sosialis berbeda dengan Komunis, Komunisme atau Marxisme adalah ideologi dasar yang umumnya digunakan oleh partai komunis di seluruh dunia, sedangkan komunis internasional merupakan racikan ideologi ini berasal dari pemikiran Lenin sehingga dapat pula disebut “Marxisme-Leninisme”. Dalam komunisme perubahan sosial harus dimulai dari pengambil alihan alat-alat produksi melalui peran partai Komunis, secara logikanya perubahan sosial dimulai dari buruh atau yang lebih dikenal dengan proletar. Komunisme sebagai anti-kapitalisme menggunakan sistem partai komunis sebagai alat pengambil alihan kekuasaan dan sangat menentang kepemilikan akumulasi modal.
v  Ciri-ciri komunisme:
Ø  Sebuah teori atau sistem organisasi sosial yang didasarkan pada induk dari semua harta yang sama, kepemilikan aktual yang dinisbahkan kepada masyarakat secara keseluruhan atau kepada negara.
Ø  Sistem organisasi sosial di mana semua aktivitas sosial ekonomi dan dikendalikan oleh negara totaliter didominasi oleh satu dan mengabadikan diri partai politik.
Ø  Prinsip-prinsip dan praktek-praktek dari Partai Komunis.
v  Perbedaan Sosialisme dan Komunisme Menurut Karl Marx.
Marx membedakan fase sosialisme dengan komunisme penuh atau lengkap. Dalam fase sosialisme, produktivitas masih rendah dan kebutuhan materi belum terpenuhi secara cukup. Sementara itu dalam fase komunisme penuh produktivitas sudah tinggi, sehingga semua kebutuhan materi sudah diproduksi secara cukup. Dengan begitu, perekonomian dapat memenuhi kebutuhan semua anggota masyarakat secara berkelimpahan. Tentang hakikat manusia sebagai produsen dalam fase sosialisme manusia belum cukup menyesuaikan diri sehingga menjadikan kerja sebagai hakikat dan masih mementingkan insentif materi untuk bekerja. Pada tahap komunisme, kerja sudah menjadi hakikat. Semua pekerjaan dikerjakan dengan sukarela, kegembiraan dan efesien tanpa mengharapkan insentif langsung seperti upah yang merupakan produk sampingan dari kerja. Sosialisme merupakan tahap persiapan ke komunisme. Komunisme merupakan tahap akhir perkembangan masyarakat (The Six Major Historical Stages): primitive communism slaery feudalism, capitalism, sosialism dan full communism

c.       Sistem Ekonomi Liberal (Kapitalis).
Sistem ekonomi liberal adalah suatu sistem ekonomi yang menghendaki kebebasan yang seluas-luasnya bagi setiap individu untuk melakukan tindakan ekonomi tanpa campur tangan dari pemerintah. Suatu kondisi di mana pemerintah benar-benar lepas tangan dalam pengambilan keputusan ekonomi dalam istilah ekonomi disebut laissez-faire.
Negara-negara yang menganut sistem ekonomi liberal adalah Amerika Serikat, Inggris, Perancis, Belgia, Irlandia, Swiss, Kanada, dan Indonesia yang pernah menganut sistem ekonomi liberal pada tahun 1950-an.
v  Ciri-ciri sistem ekonomi liberal:
Ø  Diakuinya kebebasan pihak swasta/masyarakat untuk melakukan tindakantindakan ekonomi.
Ø  Diakuinya kebebasan memiliki barang modal (barang kapital).
Ø  Dalam melakukan tindakan ekonomi dilandasi semangat untuk mencari keuntungan sendiri.
v  Kebaikan sistem ekonomi liberal:
Ø  Adanya persaingan sehingga mendorong kemajuan usaha.
Ø  Campur tangan pemerintah dalam bidang ekonomi kecil sehingga mendorong kesempatan lebih luas bagi pihak swasta.
Ø  Produksi didasarkan pada permintaan pasar atau kebutuhan masyarakat.
Ø  Pengakuan hak milik oleh negara mendorong semangat usaha masyarakat.
v  Keburukan sistem ekonomi liberal:
Ø  Adanya praktik persaingan tidak sehat, yaitu penindasan pihak yang lemah.
Ø  Persaingan tidak sehat dapat menimbulkan monopoli yang merugikan masyarakat.
Ø  Timbulnya praktik yang tidak jujur yang didasari mengejar keuntungan yang sebesar-besarnya, sehingga kepentingan umum dikesampingkan.

d.      Sistem Ekonomi Campuran.
Sistem ekonomi campuran yaitu suatu sistem ekonomi di mana di satu sisi pemerintah memberikan kebebasan kepada masyarakat untuk berusaha dalam melakukan kegiatan ekonomi, tetapi disisi lain pemerintah ikut campur tangan dalam perekonomian yang bertujuan menghindari penguasaan secara penuh dari segolongan masyarakat terhadap sumber daya ekonomi.
v  Ciri-ciri sistem Ekonomi Campuran:
Ø  Adanya pembatasan pihak swasta oleh negara pada bidang-bidang yang menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara.
Ø  Mekanisme kegiatan ekonomi yang terjadi di pasar adalah campur tangan pemerintah dengan berbagai kebijakan ekonomi.
Ø  Hak milik perorangan diakui tetapi penggunaannya tidak boleh merugikan kepentingan umum.
v  Kebaikan sistem Ekonomi Campuran:
Ø  Sektor ekonomi yang dikuasai oleh pemerintah lebih bertujuan untuk kepentingan masayarakat.
Ø  Hak individu/swasta diakui dengan jelas.
Ø  Harga lebih mudah untuk dikendalikan.
v  Keburukan sistem ekonomi campuran:
Ø  Peranan pemerintah lebih berat dibandingkan dengan swasta.
Ø  Timbulnya KKN (korupsi, kolusi, dan nepotisme) dalam pemerintah karena banyak sektor-sektor produksi yang lebih menguntungkan pihak pemerintah sedangkan sedikit sekali pengawasannya.







BAB III
PEMBAHASAN

3.1 Sejarah Perekonomian Rusia.
Rusia, seperti yang dikatakan banyak orang bahwa Rusia adalah negara yang besar,kaya akan mineral dan sumber daya alam, Mereka sangat dikenal oleh para Ilmuan-Ilmuan terdahulu,terutama dalam hal paham yang telah dikenal oleh seluruh dunia yaitu “komunis”.
            Komunis lahir di Rusia yang juga dahulu dikenal sejarahnya yang dapat mengalahkan negara kuat seperti Amerika pada perang dunia pertama. Semua orang tahu bahwa Rusia dulunya adalah negara bagian dari Uni Soviet yang kokoh itu. Uni Soviet adalah negara besar dan berpengaruh pada dunia,negara tersebut dikenal sebagai negara komunis yang paling besar kala itu.
Rusia menyatakan dirinya merdeka dari Uni Soviet pada 24  Agustus 1991. Ini mengadopsi dari diperebutkannya konstitusi pada tahun 1993 dan menjadi negara federal., Rusia adalah negara terbesar di dunia dalam hal luas, sekitar 1,8 kali ukuran AS Namun, banyak negara tapi  tidak memiliki tanah dan iklim yang tepat (baik terlalu dingin atau terlalu kering) untuk pertanian, dan hal ini tidak baik dalam kaitannya dengan jalur laut utama dunia. Pada sektor energi kedepannya, Rusia memiliki basis sumber daya alam yang luas termasuk deposito utama minyak, gas alam, batubara, dan mineral strategis dan banyak. Dalam hal demografi, Rusia dihadapkan dengan cepat menurun dan penuaan populasi. Di atas ini, harapan hidup di federasi Rusia tenggelam dan sekarang lebih rendah daripada berada di Uni Soviet dahulu kala.
Sejarah perekonomian rusia berawal dari terpecahnya Negara Uni Soviet, pada saat itu Rusia di bawah pemerintahan Yeltsin (Republik Rusia). Sejak runtuhnya Uni Soviet pada tahun 1991, Rusia telah mencoba untuk mengembangkan ekonomi pasar dan mencapai pertumbuhan ekonomi yang konsisten. Yeltsin mulai menyerang masalah stabilisasi ekonomi makro dan restrukturisasi ekonomi.
Pada bulan Oktober 1991, Yeltsin mengumumkan bahwa Rusia akan dilanjutkan dengan radikal, reformasi berorientasi pasar di sepanjang baris "shock therapy", seperti yang direkomendasikan oleh Amerika Serikat dan IMF. Namun, kebijakan ini mengakibatkan keruntuhan ekonomi, dengan jutaan rakyat jatuh ke dalam kemiskinan. Korupsi dan kejahatan menyebar dengan cepat.
Dengan asumsi peran sebagai kepribadian hokum Uni Soviet, Rusia mengambil tanggung jawab untuk menyelesaikan utang luar negeri, meski penduduknya terdiri hanya setengah dari penduduk Uni Soviet pada saat perceraian. Ketika semua perusahaan milik negara yang seharusnya dimiliki oleh rakyat, justru jatuh ke tangan golongan orang-oang kaya. Saham dari perusahaan milik negara dikeluarkan, dan baru ini perusahaan publik segera diserahkan kepada anggota Nomenklatura atau dikenal bos kriminal.
Sebagai contoh, direktur sebuah pabrik selama rezim Soviet sering menjadi pemilik perusahaan yang sama. Selama periode yang sama, kelompok-kelompok kriminal sering mengambil alih perusahaan-perusahaan negara, membuka jalan dengan pembunuhan atau pemerasan. Korupsi pejabat pemerintah sudah menjadi aturan hidup sehari-hari. Dibawah pemerintah penutup, keterlaluan dilakukan manipulasi keuangan yang memperkaya kelompok individu dan pemerintahan mafia. Korupsi banyak mencuri miliaran dolar dalam bentuk tunai dan aset di luar negeri sangat besar pelarian modal,
seperti Andrei Volgin yang terlibat dalam pengambil alihan koperasi pada pertengahan tahun 1990-an.
v  Dampak Revolusi Glasnost dan Perestroika terhadap Sosialisme Rusia.
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa menjelang pertengahan tahun 1980-an Uni Soviet mengalami kemerosotan di berbagai bidang kehidupan, terutama di bidang politik dan ekonomi. Kondisi tersebut memaksa para petinggi negara dan pemimpin partai untuk mengadakan koreksi secara umum terhadap sosialisme Rusia serta melakukan peninjauan ulang terhadap strategi sistem sosialisme ‘komunis’ Uni Soviet. Salah satu langkah yang dikelurkan untuk menyelesaikan masalah tersebut adalah dengan munculnya Glasnost dan Perestroika. Pasca reformasi Glasnost dan Perstroika pada masa pemerintahan Mikhail Gorbachev terdapat berbagai perubahan dalam kehidupan Uni Soviet yang kemudian berubah menjadi Rusia. Perubahan tersebut meliputi berbagai aspek seperti aspek ekonomi, budaya, dan juga politik.
·         Bidang Ekonomi
Pada bidang ekonomi, pemerintah melakukan perluasan independensi perusahaan-perusahaan negara serta memperkuat perkembangan sektor koperasi. Terdapat juga pemangkasan birokrasi yang ditujukan untuk meningkatkan hasil produksi.  Sejak musim panas tahun 1990 pemerintah mengijinkan sistem kepemilikan pribadi dan privatisasi. Upaya lain dalam memperbaiki bidang ekonomi adalah dengan diluncurkannya program 500 hari, yakni suatu program pembangunan ekonomi dan perbaikan terhadap persoalan-persoalan seperti inflasi dan lain sebagainya.
·         Bidang Budaya
Bidang budaya berkembang pesat karena dihapuskannya sensor terhadap pers yang sebelumnya mengekang kebebasan berpikir dan berekspresi. Ruang gerak seniman kembali terbuka. Perkembangan ini meliputi bidang sastra, musik dan juga perfilman. Perubahan-perubahan ini melahirkan begitu banyak hal-hal baru dan luar biasa dalam kehidupan masyarakat Rusia. Industri perfilman, sastra, dan musik mengalami loncatan yang luar biasa. Tempat-tempat hiburan malam dan bioskop muncul. Pada zaman kepemimpinan Vladimir Putin misalnya, kebudayaan Rusia jauh berkembang diringi juga dengan maraknya budaya pop yang masuk ke Rusia. Kehidupan malam dan suasana yang lebih hidup mewarnai kehidupan masyarakat Rusia.
·         Bidang Politik
Dalam bidang politik dan kebijakan luar negeri Rusia memperbaiki hubunganya dengan berbagai negara termasuk negara-negara barat. Rusia yang sempat bersitegang dengan negara-negara barat akhirnya melunak dan mencoba untuk kembali membangun hubungan yang lebih baik. Walaupun Rusia tetap saja menjaga jarak, namun jelas bahwa dari sisi kepentingan, Rusia mungkin penya kepentingan yang besar dengan kembali mebangun hubngan tersebut. Hubungan antara Rusia dan AS misalnya diarahkan pada penghapusan perlombaan senjata melalui beberapa perjanjian seperti perjanjian SALT I, SALT II dan START yang isinya membicarakan bpersoalan mengenai gencatan senjata dan pemusnahan senjata-senjata yang dapat membahayakan keselamatan banyak orang. Kebijakan-kebijakan di masa pemerintahan Gorbachev dianggap telah memberi wajah baru yang lebih ramah bagi Uni Soviet.
Namun, di lain pihak kebijakan Glasnot dan Perestroika ternyata berpengaruh bagi menguatnya gerakan separatisme akibat semangat demokratisasi dan keterbukaan tersebut. Pada akhirnya hal tersebut berujung pada pecahnya Uni Soviet. Pasca pecahnya Uni Soviet, Rusia menjadi Negara pecahan Uni Soviet yang terbesar. Federasi Rusia mempertahankan Moscow sebagai ibukota Negara. Boris Nikolayevich Yeltsin dipilih sebagai presiden pertama Rusia.

v  Pemerintahan Rusia Pasca Glasnost dan Perestroika
·         Masa Pemerintahan Boris Yeltsin
Corak kepemimpinan Yeltsin secara umum menunjukkan ciri transisional dari sistem Uni Soviet menuju sebuah Negara yang demokratis. Pada masa ini hubungan antar organ kekuasaan belum tertata secara tegas sehingga sering timbul konflik politik. Proses swastanisasi yang dilaksanakan pada masa pemerintahannya merupakan konsekuensi logis dari upaya Rusia untuk menuju sistem ekonomi pasar. Proses ini lalu melahirkan kelompok baru dalam masyarakat Rusia, yakni orang-orang yang berhasil menguasai perusahaan-perusahaan yang dahulu dikuasai oleh pemerintah. Pada masa pemerintahan Yeltsin ini kelompok tersebut mendapat ruang gerak yang sangat luas dan Yeltsin sendiri dikenal dekat dengan kelompok tersebut tidak lain karena kelurganya sendiri merupakan bagian dari kelompok kecil yang diuntungkan oleh Negara. Kelompok konglomerat ini meraih keuntungan yang luar biasa dari masa transisi ini. Maka, pemerintahan Yeltsin cenderung oligarkis. Pada masa pemerintahan Yeltsin kebebasan beragama mulai digalakan mulai dari kebebasan menjalankan aktivitas ritual hingga diperbolehkannya kegiatan politik oleh para kelompok-kelompok beragama.
Secara garis besar pemerintahan Yeltsin mencoba mengadopsi kapitalisme, namun gagal memajukan dan mengembalikan keadaan masyarakat. Pemulihan ekonomi tidak sepenuhnya membawa perubahan pada masyarakat, khususnya kelas menengah ke bawah. Yang diuntungkan adalah kelompok-kelompok tertentu.
·         Masa Kepemimpinan Vladimir Putin
Mengikuti jejak pendahulunya, Putin melanjutkan kebijakan reformasi dan ekonomi pasar yang telah digulirkan sejak pemerintahan Yeltsin dan bahkan sejak masa pemerintahan Gorbachev. Namun demikian, Putin memiliki pandangan sendiri dalam menjalankan ide-ide reformasi tersebut dalam kerangka menyelamatkan bangsa Rusia dari krisis ekonomi dan krisis politik yang telah melilit sejak awal Rusia berdiri setelah runtuhnya Uni Soviet. Berbeda dengan Yeltsin yang akrab dengan kaum oligarki, sejak awal pemerintahannya, Putin telah menekankan peringatannya pada kaum elit pengusaha yang menguasai sebagian besar perekonomian Rusia. Serangkaian pengusaha yang selama ini dikenal dekat dengan pemerintahan sebelumnya tak luput dari tindakan tegas pemerintahan Putin. Era Vladimir Putin memperlihatkan arah kebangkitan Rusia dari keterpurukan. Pada masa ini permasalahan ekonomi masih menjadi fokus utama.

3.2  Sistem Ekonomi Negara Rusia.
Negara rusia adalah Negara yang meganut sistem  ekonomi Sosialis. Menurut Dr. Muhammad Hatta sistem perekonomian Rusia itu merupakan suatu perekonomian totaliter yang dikuasai sama sekali oleh negara. Seluruh perekonomian dipimpin dari pusat menurut rencana. Produksi, konsumsi, dan distribusi di atur dengan  peraturan dan tidak ada tempat private enterprise. Konkurensi tidak ada, hanya dengan perlombaan bekerja untuk memperoleh sistem dan hasil terbaik. Rusia memiliki perindustrian yang cukup maju yang merupakan warisan dari masa pemerintahan Josef Stalin. Industri yang dikenal antara lain industri perlengkapan dan peralatan militer, misalnya industri pesawat tempur yang menghasilkan MiG dan Sukhoi serta helikopter, pesawat terbang, tank, rudal dan persenjataan ringan seperti senapan AK-47. Selain itu ada pula industri berat seperti industri baja, pertambangan mineral, batu bara dan minyak bumi. Rusia juga memiliki industri pertanian yang digalakkan Stalin dengan pertanian kolektifnya. sekalipun merupakan negara industri yang tergabung G-8, Rusia masih berusaha mengatasi masalah ekonominya agar mampu menjadi negara adikuasa kembali seperti ketika masa Uni Soviet.
Rusia, seperti Cina, telah melakukan perubahan sistem ekonomi, dari sistem ekonomi terpusat ke sistem ekonomi berbasis pasar. Proses peralihan sistem – sejak rezim Vladimir Putin tahun 2000 – berjalan secara perlahan dan hati-hati. Sistem ekonomi liberal tidak seutuhnya diamini dan diterapkan oleh Rusia. Sikap selektif yang demikian selain perlu adaptif dengan proporsi kekuatan ekonomi makro Rusia, juga mempertimbangkan implikasinya terhadap kontinuitas ekonomi jangka panjang. Dalam hal ini, Presiden Putin menggariskan kebijakan yang mengedepankan penguatan ketahanan ekonomi ke dalam tahapan reformasi (inward), yang diperkuat dengan peningkatan leverage ekonomi politik ke luar (outward). Rusia memang sangat selektif dalam memaknai nilai-nilai kapitalisme ke dalam proses reformasi yang sedang dijalankan.
Jika salah langkah dalam penerapan sistem yang tergolong baru tersebut, akan berdampak buruk bagi perekonomian Rusia sendiri. Hal ini merupakan tantangan bagi Rusia di masa transisi. Bahkan ketika menghadapi arus globalisasi ekonomi yang serba tidak menentu, Rusia berusaha agar tidak terjelembab dalam jurang globalisasi ini. Rusia tidak ingin menanggung konsekuensi dari globalisasi ekonomi yang menimbulkan instabilitas, meskipun Rusia tetap mengikutinya. Dalam konteks ini, Rusia memiliki kemandirian dalam mengartikulasikan konsep globalisasi yang disesuaikan dengan karakteristik politik dan ekonominya. Karena itu, dalam proses peralihan, diupayakan agar langkah reformasi dijalankan secara perlahan-lahan tanpa menimbulkan ’distorsi’ yang bisa menganggu pencapaian cita-cita Rusia yang ingin kembali berjaya seperti masa lalu.
Sebagai perwaris Uni Soviet, Rusia mewarisi kurang lebih 50% aset-aset ekonomi peninggalan Uni Soviet. Sebagai negara eks-Uni Soviet terbesar, Rusia memiliki tekad kuat untuk membangun ’basis’ perokonomian yang kokoh agar dapat bertahan dalam menghadapi arus kompetisi ekonomi yang semakin ketat yang terjadi di era globalisasi, baik antar negara eks-Uni Soviet maupun dengan negara-negara Asia dan Eropa. Untuk mencapai tujuan tersebut, Putin membuat rancangan sistem dan mekanisme ekonomi dengan ciri khas tersendiri, yang mungkin tidak sepenuhnya mengandung nilai-nilai liberalisme Barat ataupun sistem terpusat. Sistem dan mekanisme ekonomi yang dianut Rusia, kini, dapat sewaktu-waktu berubah sesuai dengan tuntutan keadaan internal dan perubahan keadaan ekonomi eksternal. Namun demikian, faktor terpenting yang mesti dikawal oleh Putin adalah maturitas stabilitas ekonomi. Sehingga, Putin memposisikan pemerintah untuk memegang kendali dalam mengatur pergerakan ekonomi dan tata ekonomi dalam negeri, dan karenanya, dominasi peran pemerintah akan lebih besar.
Positioning peran seperti itu tidak serta merta menegasikan elemen liberalisme. Putin masih membuka ’kran’ liberalisme ekonomi walaupun terkontrol kepada sektor swasta. Kran kebebasan, tapi terkendali, dibuka argar tidak menganggu jalannya mekanisme pasar, sehingga Rusia tidak mudah tergelincir ke dalam arogansi ekonomi. Tindakan ’selektif’ Putin ditempuh karena mengambil pelajaran dari pengalaman krisis pada tahun 1998. Setiap kebijakan ekonomi yang diambil selalu memperhatikan unsur-unsur penyebab terjadinya krisis saat itu. Putin berasumsi bahwa krisis dapat terjadi karena kesalahan dalam penataan ekonomi yang dibentuk saat itu oleh mantan Presiden Boris Yetlsin. Kejadian krisis menandakan bahwa perekonomian Rusia untuk sementara ini selama masa transisi masih terlalu rentan dalam menerapkan sistem kapitalisme, apalagi diterapkan dalam waktu yang begitu cepat, tidak lama setelah Uni Soviet bubar.
Disamping itu, krisis telah memupus keyakinan Rusia terhadap nilai-nilai kapitalisme dan liberalisme yang menggariskan bahwa jika pembangunan ekonomi ingin maju, maka  peran negara harus direduksi dan kekuasaan bisnis harus diutamakan. Hakekatnya, jalan menuju kapitalisme bagi Rusia masih sangat panjang. Namun Rusia tidak apatis dengan nilai-nilai kapitalisme dan tidak mau ‘bercuci tangan’, karena baginya perlawanan terhadap kapitalisme ’bisa jadi’ akan melemahkan posisi pemerintah. Elemen tertentu dari sistem kapitalisme, secara kondisional, masih tetap dapat diterima.
Secara umum, Rusia telah membuka diri terhadap berbagai hal baru yang berasal dari luar. Liberalisme dan kapitalisme diterapkan secara hati-hati, sembari tetap menggantungkan diri pada pemahaman tentang sosialisme dan tidak jauh-jauh darinya. Sosialisme paska glasnost dan perestroika memang banyak berubah, namun semuanya dikembalikan untuk kepentingan rakayat. Era Vladimir Putin misalnya dianggap sebagai era kejayaan Rusia paska reformasi Gorbachev. 

3.3 Perkembangan Ekonomi Negara Rusia.
Ekonomi Rusia mengalami stres luar biasa yang berpindah dari ekonomi perencanaan pusat ke sistem pasar bebas.Kesulitan dalam mengimplementasikan reformasi fiskal yang bertujuan untuk mengumpulkan pendapatan pemerintah dan ketergantungan pada pinjaman jangka pendek untuk membiayai defisit anggaran mengarah ke krisis keuangan yang serius pada tahun 1998. kinerja perekonomian Rusia sejak krisis 1998 telah mengesankan. Ekonomi telah rata pertumbuhan 7% sejak krisis keuangan tahun 1998 Rusia, menghasilkan dua kali lipat dari pendapatan sekali pakai nyata dan munculnya kelas menengah. Ekonomi Rusia, bagaimanapun, adalah salah satu yang paling terpukul oleh krisis ekonomi Sejagat harga minyak anjlok dan kredit Bank asing yang Rusia dan perusahaan mengandalkan mengering. Harga minyak yang tinggi didukung pertumbuhan Rusia pada kuartal pertama dan bisa membantu Rusia mengurangi defisit anggaran yang diwarisi dari masa paceklik
Tahap awal transisi dari perekonomian berencana terpusat menuju ke perekonomian berdasarkan pasar dapat menyebabkan traumatis. Oleh sebab itu menurut Otto Hieronymin (1991), Rusia akan menghadapi kondisi yang sangat sulit, seperti ketidakpastiaan politik secara umum, menurunnya pendapatan nyata sebagian besar penduduk, ketidaksediaan masyarakat menerima dampak kerugian baru, adanya kesadaran warga terhadap utang Negara yang menimbulkan kekhawatiran, dan lainya. Ternyata sebagian besar kekhawatiran itu menjadi kenyataan dalam masa transisi demokrasi di Rusia 1991-2000.
Bentuk Ekonomi Terapi Kejut (Shock Therapy) pada pertengahan tahun 1992 model pendekatan ini memberikan perangsangan yang lebih kuat kepada system ekonomi baru dan mempercepat realokasi, sumber daya dan lebih cepat meningkatkan efisiensi. Beberapa upaya Rusia masa Pemerintahan Boris Yeltin di dalam Shock Therapy adalah:

  1. liberalisasi perdagangan
  2. mekanisme pasar terbuka
  3. mengurangi pengeluaran pemerintah
  4. menerapkan pajak nilai tambah
  5. membuat mata uang baru yang konvartible

Akan tetapi, model ekonomi ini dapat mengurangi ketidakpastian yang dihadapi masyarakat tentang adanya kebijaksanaan baru dalam pranata ekonomi. Bagi banyak pengamat, model ini sangat cocok diterapkan bagi Negara-negara dengan inflasi tinggi yang berlangsung lama. Namun model shock therapy ini mempunyai kerugian sebab dapat membebani warga dalam pengurangan drastis upah, kesempatan kerja dan konsumsi. Dengan kata lain model Shock Therapy ini tidak dapat bekerja secara efisien di Rusia. Konsep yang digunakan dalam Model ini adalah :
  1. pengurangan drastis anggaran belanja, termasuk pemotongan subsidi konsumen
  2. penaikan suku bunga untuk membatasi pertumbuhan kredit
  3. liberalisasi terhadap perdagangan luar
  4. tingkat pertumbuhan yang tetap terhadap dollar
  5. stabilisasi makro ekonomi
  6. swastanisasi, yakni memindahkan kepemilikan pemerintah ke sector swasta

Pelaksaan model Terapi kejut tidak sesuai dengan tujuan yang diharapkan sehingga dianggap kurang berhasil. Ketidaksesuaian ini disebabkan oleh adanya beberapa kendala mendasar, salah satunya adalah belum adanya kesadaran dari pihak elite yang dahulu menjadi nomenklatura untuk bersama warga reformis melaksanakan debirokrasi. Padahal dengan peninggalan berbagai faktor masa lalu, perekonomian Rusia dapat segera ditingkatkan. Tetapi ternyata semua potensi yang ada menjadi terabaika dengan dilakukannya rekonstruksi model management baru yang terlalu drastis, radikal dan cepat.
Ekonomi Terapi kejut, maka disusul dengan model Bertahap (Gradualisme). Model ini yang dianggap mudah diserap dan dampaknya mudah dinetralisir oleh struktur dan system yang masih tersisa dari model ekonomi berencana yang terpusat. Kendati banyak perusahaan parsial, cirri ekonomi sentralistik masih dapat digunakan dan direduksi secara bertahap seperti monopolisasi, ketergantungan manager perusahaan pada badan partai sehingga menjadi kaku. Jika kondisi tersebut maka sektor swasta yang ingin diandalkan menjadi sulit bergerak. Harga yang lebih rendah untuk ekspor utama Rusia penerima (minyak dan mineral) dan hilangnya kepercayaan investor akibat krisis finansial Asia diperburuk masalah keuangan. Hasilnya adalah penurunan yang sangat cepat dalam nilai rubel, penerbangan dari investasi asing, pembayaran tertunda berdaulat dan utang swasta, suatu uraian transaksi komersial melalui sistem perbankan, dan ancaman inflasi. Akan tetapi, tampaknya krisis Rusia telah nampak relatif baik. Sebagai PDB riil tahun 2009 meningkat dengan persentase tertinggi sejak jatuhnya Uni Soviet pada 8,1%, rubel tetap stabil, inflasi telah moderat, dan investasi mulai meningkat lagi. Pada 2007, Bank Dunia menyatakan bahwa perekonomian Rusia telah mencapai “stabilitas makroekonomi belum pernah terjadi sebelumnya”. Rusia telah membuat kemajuan dalam memenuhi kewajiban utang luar negeri.Selama 2000-2001, Rusia tidak hanya bertemu dengan utang eksternal jasa, tetapi juga membuat kemajuan besar cicilan pokok di IMF pinjaman, tetapi juga membangun Bank Sentral cadangan dengan anggaran pemerintah, perdagangan, dan current account surplus. The TA 2002 anggaran Pemerintah Rusia menganggap pembayaran sekitar $ 14 miliar pada layanan resmi pembayaran utang yang jatuh tempo. Current account surplus besar telah membawa apresiasi yang cepat rubel selama beberapa tahun. Minyak dan gas mendominasi ekspor Rusia, sehingga Rusia tetap sangat bergantung pada harga energi. Pinjaman dan suku bunga deposito pada atau di bawah tingkat inflasi menghambat pertumbuhan sistem perbankan dan membuat alokasi modal dan resiko yang jauh lebih sedikit efisien daripada itu akan sebaliknya.
Pada tahun 2003, utang telah meningkat menjadi $ 19 milyar yang disebabkan oleh kenaikan pembayaran Departemen Keuangan dan Eurobond. Namun, $ 1 miliar ini telah diprabayar, dan beberapa sektor swasta mungkin sudah membayar hutang.Pada edisi Juni 2002 G8 Summit, para pemimpin dari delapan negara menandatangani pernyataan setuju untuk mengeksplorasi pembatalan Rusia beberapa utang Soviet lama untuk menggunakan tabungan untuk mengamankan bahan-bahan di Rusia yang dapat digunakan oleh teroris. Kesepakatan yang diusulkan adalah $ 10 milyar dan akan datang dari Amerika Serikat dan $ 10 miliar dari G-8 negara lain selama 10 tahun.

Tabel: Surplus Neraca Perdagangan Rusia (dalam juta US dollar)

1999
2000
2001
2002
2003
Ekspor Barang:
75.551
105.033
101.884
107.300
135.929
Minyak Bumi
19.606
36.191
34.364
40.366
53.739
Gas Alam
11.352
16.644
17.770
15.897
19.981
Lainnya
44.593
52.198
49.750
51.037
62.209
Impor Barang
-39.537
-44.862
-53.764
-60.966
-75.436
Surplus Barang
36.014
60.171
48.120
46.334
60.493
Ekspor Jasa
9.067
9.565
11.441
13.611
16.030
Impor Jasa
-13.351
-16.230
-20.572
-23.497
-27.122
Surplus Jasa
-4.284
-6.665
-9.131
-9.886
-11.092
Surplus Ekspor-Impor
31.730
53.506
38.989
36.448
49.401
Sumber: Central Bank Rusia, OECD calculations

Pada tanggal 1 Januari 2004, dana Stabilisasi Federasi Rusia didirikan oleh Pemerintah Rusia sebagai bagian dari anggaran federal untuk menyeimbangkannya jika harga minyak turun. Sekarang dana Stabilisasi Federasi Rusia sedang dimodernisasi. Dana Stabilisasi akan dibagi menjadi dua bagian pada tanggal 1 Februari 2008. Bagian pertama akan menjadi dana cadangan sama dengan
10 persen dari PDB (10% dari PDB setara dengan sekitar $ 200 miliar sekarang), dan akan diinvestasikan dengan cara yang sama sebagai Dana Stabilisasi. Bagian kedua akan diubah menjadi Dana Kesejahteraan Nasional Federasi Rusia. Deputi Menteri Keuangan Sergei Storchak perkiraan ini akan mencapai 600-700 billion rubel pada tanggal 1 Februari 2008.

Tabel: Indikator Ekonomi Negara G-8 tahun 2005
Negara
Produk Brutto Nasional
Perkapita per Kepala
Cadangan Emas & Devisa
Pertumbuhan Ekonomi
Jumlah Penduduk
AS
$ 12.486 Miliar
$ 42.101
$ 64 Miliar
2,80%
298,2 Juta
Jepang
$ 4.571 Miliar
$ 35.787
$ 847 Miliar
1,70%
128,1 Juta
Jerman
$ 2.797 Miliar
$ 33.922
$ 102 Miliar
1,10%
82,7 Juta
Inggris
$ 2.202 Miliar
$ 36.599
$ 79 Miliar
2,60%
59,7 Juta
Perancis
$ 2.106 Miliar
$ 33.734
$ 74 Miliar
2,00%
60,5 Juta
Italia
$ 1.766 Miliar
$ 30.450
$ 66 Miliar
1,00%
58,1 Juta
Kanada
$ 1.130 Miliar
$ 35.064
$ 33 Miliar
3,00%
32,3 Juta
Rusia
$ 766 Miliar
$ 5369
$ 182 Miliar
6,80%
142,8 Juta
Sumber: Der Spiegel 28/2006

Perbandingan indikator negara G-8 menunjukan posisi Rusia masih selangkah di belakang. Tatangan terbesar Rusia adalah bagaimana membuat pertumbuhannya tetap kontinyu. Pertumbuhan ini akan memperkecil jarak antara Rusia dengan G-8 lainnya dalam ekonomi. Untuk mewujudkannya, Vanhanen melihat Rusia sangat butuh dana investasi dari pelaku bisnis Eropa, transfer teknologi untuk meningkatkan daya saing, serta pasar domestik Eropa untuk produk manufakturnya. Ruang lemah ini hanya bisa ditutupi apabila Rusia membangun kolaborasi erat dengan Eropa yang nota bene merupakan tetangga dekatnya.
Menurut data yang diterbitkan oleh Bank Dunia pada bulan Juli 2012, Rusia jauh lebih berhasil daripada sebagian besar negara maju dalam memerangi krisis ekonomi global.
Berdasarkan PDB yang disesuaikan dengan paritas daya beli (PPP), Rusia berada di atas semua negara Uni Eropa pada tahun 2012, termasuk Jerman, yang merupakan peringkat keenam di dunia.
Meskipun pertumbuhan ekonomi Rusia melambat hanya 1,4 persen dari tahun ke tahun pada paruh pertama tahun 2013, tren konsumsi dalam negeri tetap solid. Perdagangan ritel diperluas 3,8 persen dalam tujuh bulan pertama, didukung oleh pertumbuhan disposable income riil lebih cepat dari yang diperkirakan dari 4,3 persen dan kenaikan upah riil yang kuat sebesar 5,5 persen. Yang pertama dan menjadi alasan utama mengapa tren konsumsi sepertinya akan terus melanjutkan pertumbuhan pendapatan adalah penurunan tajam pengangguran. Kinerja ekonomi Rusia yang kuat pada tahun 2001 hingga 2008 adalah sebagian karena kenaikan 6 persen tenaga kerjanya, yakni mencapai 76 juta orang. Namun, sejak itu angka telah stabil, berkontribusi terhadap penurunan tingkat pengangguran ke level terendah dalam sejarah yakni 5,1 persen pada akhir tahun 2013. Karena itu perusahaan-perusahaan telah dipaksa untuk meningkatkan upah, meskipun pertumbuhan ekonomi lambat.
Pada akhir 2013, Perekonomian Rusia menunjukkan tanda-tanda krisis. Hal tersebut diungkapkan pemerintah di Moskow ditengah pengumuman sanksi oleh AS dan Uni Eropa terhadap dukungan negara itu supaya wilayah Krimea melepaskan diri dari Ukraina. Deputi Menteri Perekonomian Rusia, Sergei Belyakov mengatakan Rusia telah kehilangan miliaran dolar AS dan uang investasi dalam beberapa pekan terakhir dan hal itu terjadi merupakan dampak dari konflik tersebut. Sanksi ekonomi dan keuangan Barat kemungkinan akan menambah ketidakpastian di Rusia dan kini saja negeri ini  sudah kehilangan modal investasi sebesar USD 50 miliar pada kuartal pertama, dibandingkan dengan USD 63 miliar yang terjadi sepanjang tahun 2013.
Sebelum adanya krisis Ukraina, pemerintah Rusia memperkirakan ekonomi mereka akan berkembang sekitar 2 persen tahun ini. Sejak Presiden Vladimir Putin mengumumkan untuk menyerang Ukraina untuk melindungi suku Rusia di negara itu, para ekonom sudah memperingatkan bahwa Rusia bisa menerima efek buruk yang sangat besar. Banyak ekonom memperkirakan Rusia akan memasuki masa resesi, dan sebagian besar lembaga keuangan sudah mulai memangkas perkiraan pertumbuhan ekonomi negara itu sebagai akibat dari konfrontasi dengan Barat.
Ekonom VTB Capital Vladimir Kolychev dan Daria Isakova di Moskow mengatakan dalam sebuah catatan penelitian bahwa Rusia mungkin akan masuk ke dalam resesi pada kuartal kedua dan ketiga tahun ini ketika permintaan domestik berhenti akibat guncangan ketidakpastian dan kondisi keuangan yang lebih ketat. Mereka memangkas perkiraan pertumbuhan 2014 menjadi nol dari 1,3 persen. Pertumbuhan harga konsumen pada Januari meningkat jadi 6,2 persen pada Februari dari tahun sebelumnya yang sebesar 6,1 persen. Bank Rossii ingin inflasi tetap 5% tahun 2014 setelah mencapai 6% pada 2013, ekonom Danske Bank A/S (DANSKE) Vladimir Miklashevsky di Helsinki pada 14 Maret 2013 lalu menurunkan perkiraannya pertumbuhan Rusia pada 2014 jadi 1 persen dari 2,6 persen dengan mengatakan bahwa perkiraan itu tetap optimis mengingat kondisi geopolitik yang terjadi.
















BAB IV
ANALISA KELOMPOK

TANGGAPAN MAHASISWA TERHADAP KRISIS EKONOMI GLOBAL
         Sebagai insan kritis dan intelektual, kita harus menyadari dan mengakui dampak hebat dari krisis ekonomi global ini. Karena ini bukan saja merupakan masalah negara saja, kita sebagai rakyat yang juga terkena akibat dari krisis ini. Sehingga menjadi kewajiban kita untuk ambil bagian dalam mencari pemecahan persoalan dalam permasalahan ini.
         Dalam persoalan sehari-hari kita sebagai rakyat melakukan sesuatu apa adanya. Dengan cara menghemat dan selektif dalam memilih kebutuhan pokok khususnya, adalah salah satu cara kita menghadapi krisis ekonomi global. Saran bagi pemerintahan adalah untuk lebih memperhatikan sektor usaha kecil yang sejujurnya hampir tidak terlirik oleh pemerintah yang terlalu memprioritaskan usaha raksasa (perusahaan) , BUMN, dan jasa umum. Padahal sektor usaha kecil adalah salah satu sumber mata pencaharian rakyat yang harusnya dibesarkan. Usaha kecil dimungkinkan untuk menarik banyak investor untuk menanamkan modalnya, sehingga rakyat menjadi mandiri dan pemerintah menjadi lebih diringankan untuk permasalahan pemberdayaan ekonomi rakyat. Untuk selanjutnya pemerintah tinggal menjalankan program kerja untuk mengatasi krisis global tersebut sehingga rakyat dan pemerintah menjadi partner dalam menanggulangi permasalahan ini.








BAB V
PENUTUP

5.1 Kesimpulan
Rusia, seperti Cina, telah melakukan perubahan sistem ekonomi, dari sistem ekonomi terpusat ke sistem ekonomi berbasis pasar. Proses peralihan sistem – sejak rezim Vladimir Putin tahun 2000 – berjalan secara perlahan dan hati-hati. Sistem ekonomi liberal tidak seutuhnya diamini dan diterapkan oleh Rusia. Sikap selektif yang demikian selain perlu adaptif dengan proporsi kekuatan ekonomi makro Rusia, juga mempertimbangkan implikasinya terhadap kontinuitas ekonomi jangka panjang. Dalam hal ini, Presiden Putin menggariskan kebijakan yang mengedepankan penguatan ketahanan ekonomi ke dalam tahapan reformasi (inward), yang diperkuat dengan peningkatan leverage ekonomi politik ke luar (outward). Rusia memang sangat selektif dalam memaknai nilai-nilai kapitalisme ke dalam proses reformasi yang sedang dijalankan.
Jadi, secara umum bisa disimpulkan bahwa Rusia pasca reformasi mengalami berbagai perubahan dalam bidang ekonomi, budaya, dan politik. Namun, Rusia masih tetap mempertahankan ciri khas negara sosialis. Walau sudah mulai mengadopsi sistem ekonomi pasar, namun kontrol pemerintah tetap ada. Investasi boleh terjadi, namun tentu dibarengi dengan syarat-syarat yang tidak sedikit. Jadi, jelas dalam bidang ekonomi, walaupun Rusia mencoba untuk mengadopsi perekonomian pasar terbuka, namun peran negara tetap saja sangat besar. Perekonomian pun dibangun bukan atas dasar kapital semata, tapi lebih dari pada itu juga atas dasar kebijakan pemerintah. Tanggung jawab pemerintah menjadi sangat besar. Banyak pengamat mengatakan bahwa Rusia mencoba untuk membangun perekonomian berbasis kerakyatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar